Laman

Senin, 08 Agustus 2011

Tik … TaK … !

Time drops in decay,
like a candle burnt out
Hari yang SesaK
     
        Tik ... tak ... tik ... tak ...!
Pagi yang kendor. Kamu membuka,persisnya,memicingkan mata. Buram, tapi cukup jelas untuk mengetahui pukul berapa sekarang. Pukul 06.15. 
Gila ... ! seru kamu dalam hati. Kamu kalah sama matahari yang udah nongol duluan dari tadi.
Kalo kamu nggak  ingat sekarang ada ujian di sekolah, biasanya malas-malasan dulu. Tapi, untungnya aja dalam dirimu masih ada sisa keinginan buat jadi remaja hebat. Jadi, kamu beranjak dari tempat tidur dan dalam sekejap udah masuk ke kamar mandi. Tapi nggak biasanya, kamu nggak sempet nyanyi-nyanyi, soalnya lagi buru-buru.
selesai mandi, kamu segera mempersiapkan keperluan sekolah.
"Hari ini, kan, ada ulangan? Jam pertama, lagi" dalam kekagetan, kamu masih sempat menggerutu. Sesuatu yang nggak begitu baik buat mengawali hari kamu. Emang, sih, kamu kelihatannya segar setelah diguyur air, tapi kamu nggak bisa ngumpetin rasa khawatirmu. Soalnya, kamu belum sempat baca-baca buku untuk bahan ujian. Jangankan baca, menyentuh juga nggak!
















Elo harus pede, Man! satu sisi hati kamu menyarankan. Nggak sadar, kamu mengangguk kecil. Sebentar lagi, kamu harus udah sampe di sekolah.
Berdoa, mana sempet? Shalat aja lupa! Dalam hitungan menit, kamu udah keluar rumah dengan perasaan seagr yang menipu.
Tik ... tak ... tik ... tak ... !
Aduh, sebentar lagi, nih, kok, belum selesai juga. ya? Padahal, waktunya tinggal lima menit lagi, nih!" gerutu kamu sambil, lagi-lagi, menoleh arlojimu.
Kertas soal ujian itu kayak ngeledekin kamu sampe-sampe kamu bete abis. Sesaat kemudian, bel berbunyi tanda waktu habis. Kamu pengin teriak, tapi percuma!
Gara-gara nggak bisa ngisi soal ujian semua, kamu jadi uring-uringan. Nggak ada yang berani ngedeketin kamu klo lagi kayak begini. Kamu nyesel abis dan menyumpahi waktu yang terasa secepat kilat dan bikin kamu K.O.
Dalam keadaan bete begini, ada seorang temanmu yang tersenyum dan mendekati, "Elo kenapa, sih? Alih-alih menjawab temanmu itu, kamu malah ngeloyor sambil pasang muka berlipat tujuh.
Dan, temanmu itu terbengong-bengong.
Dalam perjalanan sebelum nyampe rumah, kamu pulang sendiri sambil terus-menerus memarahi diri sendiri yang kamu anggap nggak becus ngerjain semua soal ujian itu, padahal semua teman-temanmu bisa menyelesaikan semuanya. Kamu ngerasa nggak berguna!
Nyampe di rumah, kamu membanting pintu dengan keras sampe terdengar suara nyokapmu dari dapur, "Astagfirullah!" lalu, nyokapmu nongol dan nanya,"Kamu kenapa, Nak?" Kamu nggak ngejawab dan masih melipat muka, sekarang lipatannya bertambah jadi sebelas. Mukamu kelihatan tambah nggak karuan!
Kamu menghempaskan tubuh di sofa yang di tata rapi sama nyokap. Persis kayak sulap, semuanya jadi berantakan dalam sekejap. Lalu, nyokap ngedeketin kamu. Sambil ngelus-ngelus rambutmu yang udah acak-acakan itu, nyokap bilang,"Ada apa, Nak?" Bilang, dong, sama Mama ... " Kamu masih aja diam.
Kamu malah ngeloyor pergi ke kamar yang udah pasti berantakan. Kamu banting tubuhmu ke tempat tidur dan berusaha merem. Tapi, kamu tetep nggak bisa merem. Kamu masih dihantui sama kejadian tadi siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar sesuka Anda !